Perubahan New Kawasaki Ninja 250 yang
paling mencolok, terlihat pada desain unkuran body yang lebih bongsor
bila dibandingkan pendahulunya, tangki bahan bakar yang terlihat modern
dan stylish.
Perubahan pada bagian mesin yang sudah mengaplikasikan sistem fuel-injection dengan crankcase baru, piston dan silinder baru. Sasis menggunakan frame baru dan ban belakang lebih lebar. Secara keselurah, bentuk desain New Kawasaki Ninja 250 memancarkan aura supersport yang kuat.
Perubahan pada bagian mesin yang sudah mengaplikasikan sistem fuel-injection dengan crankcase baru, piston dan silinder baru. Sasis menggunakan frame baru dan ban belakang lebih lebar. Secara keselurah, bentuk desain New Kawasaki Ninja 250 memancarkan aura supersport yang kuat.
“Sebenarnya
kami sudah mempelajari kemungkinan perubahan dan menyiapkan desain
terbaru itu sejak tahun 2009 lalu. Tapi baru sekarang akhirnya kita
luncuran New Ninja 250 dengan bentuk yang lebih keren,” ungkap
Freddyanto Basuki, Marketing & Advertising Department Head KMI.
Mesin dan Teknologi
New Kawasaki Ninja 250 menggunakan mesin
embar paralel fuel injection pendingin air, 249 cm2, merupakan
keunggulan baru New Ninja 250 4-tak. Torsi yang difokuskan pada putaran
rendah – tengah yang responsif, dikombinasikan dengan akselerasi yang
baik pada saat rpm tinggi. Fuel injection mengatur penggunaan bahan
bakar secara ideal di segala kondisi.
Katup
throttle bodi ganda dengan main throttle 28 mm dan sub throttle 40.2 mm
mengontrol aliran udara/airflow control. Aliran udara ini membuat
pengiriman daya lebih halus dan mulus.
ECU
yang dikendalikan katup penggerak yang mengatur aliran udara, respon
linear, efisiensi penggunaan bahan bakar yang lebih baik menghasilkan
daya yang maksimal.
Sementara
silinder aluminium baru Die-Cast menggunakan plated bores yang mirip
dengan model supersport. Blok silindernya terbilang ringan dengan bobot
kurang lebih 800 gr dan menawarkan peningkatan pembuangan panas yang
lebih baik dan sempurna.
Piston baru
yang lebih ringan serta dilengkapi Hard Alumite Coating untuk daya tahan
yang lebih lama, dan pada top ring terdapat Groove atau alur untuk
menyimpan oli.
Kekuatan New Ninja 250
juga terdapat pada rangka baru Diamond-Style Frame. Dengan pengembangan
rangka model baru Diamond-Style menjadikan handling lebih stabil dan
mantap dan menunjang pengendalian saat kecepatan menengah dan tinggi.
Desain
fairing dengan model sirip dan lubang besar, yang membantu membuang
aliran udara panas pada saat bergerak. Ketika terjebak dalam lalu lintas
yang padat atau macet, maka teknologi inovatif, kipas radiator akan
mengarahkan udara panas mesin ke bawah dan alirannya menjauh dari
pengendara.
Fitur dan Desain
Fitur baru lainnya meliputi lampu depan bertipe multi reflektor terpisah
yang memberikan kesan supersport, sementara lampu sein depan
menggunakan sistem built-In model dan lampu sein belakang bergaya sharp
design.
Desain panel instrument baru dengan
kombinasi digital lebih informatif dan sporty. Tampilannya besar dan
komplit, analog gaya tachometer, menggunakan paket instrumen baru, semua
memiliki layar LCD multi-fungsi dengan berbagai fitur, termasuk
pengukur bahan bakar.
Dua indikator
meteran, jam dan indikator ekonomis pengendara, LED putih lampu belakang
memastikan penglihatan yang jelas di malam hari.
Sama
seperti Ninja ZX-10R dan 6R, knalpot New Ninja 250 fitur peredamnya
bergaya pendek atau dikenal sebagai silencer short-style. Desain tahanan
knalpot yang kompleks tanpa mengganggu sudut kemiringan motor.
Peredam
stainless steel memberikan kontribusi untuk desain dan melindungi
penumpang dari panas knalpot. Dengan kata lain, Silencer Short-Style
baru dengan complex cross section menghasilkan performa bagus, rendah
suara dan sudut menikung lebih banyak.
Sementara
desain pelek racing dengan jari-jari roda 10 memberi imej Ninja ZX-14R.
Roda berkelas tinggi dilengkapi dengan ban sporty yang dirancang dengan
baik untuk kedua kondisi jalan kering dan basah.
Ban
belakang kini tampil lebih lebar berukuran 140 mm sehingga terlihat
gagah di sektor kaki-kaki. New Ninja 250 memiliki profil ban depan
110/70 – 17 M/C dan belakang 140/70 – 17 M/C .
Begitu
pula desain bagasi New Ninja 250 lebih kompak. Desain tail yang lebih
compact lantaran punya tambahan bagasi ekstra dan toolkit.
Aksesori
Kawasaki
juga menyediakan beberapa opsi aksesori kepada konsumen. Bila
pemiliknya ingin memberikan sentuhan imej New Ninja 250 menjadi lebih
sporty, single seater adalah aksesori ideal sebagai pelengkap, tajam,
minimalis yang dikombinasikan dengan warna body, memberi kesan sporty
dengan garis aerodinamis.
Sedangan
aksesori windshield bergaya floating – gaya kaca depan – seperti yang
digunakan pada Ninja ZX-10R. Desainnya mengikuti bentuk gunung,
garis-garis elegan serta tajam, penampilan sporty.
Sebagai
alternatif untuk layar standar sporty, kaca depan yang lebih tinggi ini
dapat menjadi aksesori pilihan, yang memberikan perlindungan angin
sesuai dengan kebutuhan pengendara.
Harga dan Varian
All New Kawasaki Ninja 250
ditawarkan dalam dua varian. Model pertama, standar non-ABS seharga Rp
49,9 juta dengan empat pilihan warna Ebony, Line Green, Passion Red dan
Pearl Sturdust White. Sedangkan versi kedua, Special Edition + ABS Model
seharga Rp 56,9 juta untuk dua pilihan warna Line Green + Ebony dan
Passion Red + Stardust White.